Jumat, 25 Maret 2016

Resep Mandu (만두) (Korean Dumplings)

Mandu (만두) adalah jenis pangsit yang dibuat dengan adonan tepung dan berisi daging yang dibumbui. Mandu adalah jenis masakan yang berasal dari Cina dan masuk ke Korea sejak zaman Dinasti Goryeo (935-1397). Pada saat ini mandu dimakan pada setiap musim dingin dan perayaan tahun baru Seollal atau tahun baru Imlek. Adonan mandu dibuat dengan cara dilipat untuk membuat kulit yang diisi berbagai macam bahan, antara lain daging, sayuran, jamur, tahu dan sebagainya. Metode membuat mandu bermacam-macam antara lain ada yang direbus dalam sup kaldu (jangguk) yang panas, dikukus, digoreng atau dinikmati dalam kuah kaldu dingin. Bentuk mandu ada bermacam-macam antara lain bulat, setengah bulat, persegi, lonjong dan setiap daerah memiliki cara memasak dan variasi yang lebih banyak lagi. Jika dimakan dengan sup kaldu maka dinamakan mandutguk (sup mandu).

Buat kalian nih yang suka banget nonton drama-drama korea atau variety shownya, pasti tidak asing lagi dengan makanan ini, seperti jika kalian menonton return of superman (korean variety show). Mandu ini salah satu makanan favorit Daehan Minguk Manse, yang kalo mereka makan lahap banget. Oiya di resep ini pakai kulit pangsit instant, jadi susah bgt buat dibentuk. Menurutku lebih baik bikin kulit mandu nya sendiri. Bahannya cuma terigu, garam & air. Happy cooking!




Bahan-bahan:
20 lbr kulit pangsit
100 gram ayam giling
1/4 batang wortel
1 cup kecil tauge
2 batang daun bawang
1/4 siung bawang bombay
2 siung bawang putih
2 sdm saus tiram
1/2 sdm gula
1 sdm garam
1 sachet lada putih halus 

Langkah :
1. Bersihkan tauge & rebus sebentar di air yang sudah dicampur garam potong2 tauge. Potong2 dadu wortel. Iris daun bawang & bawang bombay. Cincang bawang putih. Sisihkan.
2. Di mangkok/wadah campurkan ayam giling dengan 1/5 sdm garam, 1/5 sachet lada halus, dan 1 sdm saus tiram. Aduk rata dan diamkan selama ±5 menit.
3.Tumis ayam giling yang sudah dibumbui hingga matang. Tidak perlu menggunakan minyak.
4. Di mangkok/wadah, masukkan wortel yang sudah dipotong2 dadu kecil, tauge yang sudah dipotong2, bawang putih cincang, potongan daun bawang & bawang bombay.
5. Beri bumbu2 : 1/5 sdm garam, 1 sdm gula, 1 sdm saus tiram, 1/2 sachet lada halus. Aduk rata.
6. Masukkan isian mandu ke dalam kulit pangsit. Gunakan air untuk merekatkan pinggiran kulit pangsit. Oleskan minyak pada alat pengukus agar mandu tidak lengket & mudah diangkat. Beri jarak saat meletakkan mandu di kukusan agar tidak saling menempel.
 7. Kukus selama ±20-30 menit. Mandu siap dihidangkan


sumber : https://cookpad.com/id/resep/471933-mandu-korean-dumpling

http://cfile10.uf.tistory.com/image/

0 komentar:

Posting Komentar